Responsive Banner design
Home » » Antara Lokalitas dan Modernitas Dalam Puisi Latief

Antara Lokalitas dan Modernitas Dalam Puisi Latief

Judul               : Menoreh Rumah Terpendam
Penulis             : Latief S. Nugraha
Cetakan           : September, 2016
Penerbit           : Interlude
Tebal               : 150 halaman
Peresensi         : Nurul Anam *



Membicarakan dunia kesusastraan Indonesia kita, tidak akan terlepas dari dua kutub persoalan, antara lokalitas dan modernitas. Mengapa demikian? Dinamika perkembangan kesusastraan Indonesia dapat ditandai dari pengaruh modernitas dan lokalitas. Jika kita mau runut perkembangannya mulai dari kenalnya budaya tulis, melukis, dan pementasan-pementasan kesenian dapat kita pahami sebagai dari pengaruh modernitas. Kemudian berlanjut atas penamaan-penamaan karya tulis, semisal novel, cerpen juga puisi adalah bukti paling jelas dari pengaruh modernitas atas perkembangan kesusastraan Indonesia.

Dalam kesusastraan, puisi khusunya, kita lebih akrab mengenal puisi yang muncul di era modern. Seperti puisi-puisi Khairil Anwar yang menyuarakan tentang eksistensialisme “AKU” dalam puisinya begitu akrab di mata masyarakat. Bahkan sudah menjadi suatu keharusan puisi Khairil tersebut untuk dijadiakan contoh/panutan dalam buku-buku pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.

Namun di sisi lain jangan pernah kita lupakan soal lokalitas. Lokalitas juga merupakan ruh dari kesusastraan Indonesia, dan kalau boleh dibilang lokalitas adalah pendorongan modernitas untuk berkembang dalam diskursus kesusastraan kita.  Siti Nurbaya, roman yang sangat terkenal pada masa Balai Pustaka itu, bukankah sangat kental dengan persoalan budaya lokalnya? Dan sekarang masih banyak para kritikus dari berbagai institusi untuk mengkaji ulang dan merepresentasikannya dengan kehidupan modern ini. Di dalam novel Larung karya Ayu Utami yang cukup populer itu, saya pikir Larung adalah garapan kreatifitas Ayu dari permasalahan dua kutub yang saya sebut di atas barusan; gabungan antara modernitas dan lokalitas.

Maka sudah jelas adanya, dua kutub tersebut menjadi penanda lahirnya kesusastraan Indonesia secara pesat. Namun dari benyak orang penyuka sastra termasuk kritikus sastra sendiri menjadikan dua kutub tersebut sebagai saingan nilai-nilai kemanusiaan. Padahal dalam kajian-kajian lebih luasnya, lokalitas dan modernitas adalah tuntutan zaman yang sama memberi dan melengkapi. Tidak ada diskriminasi atau pengkerdilan identitas antara dua kutub tersebut, andai saja manusia (kita) lebih serius lagi menjadikan dua kutub itu sebagai landasan ideologi, baik ideologi humanisme maupun modernisme, maka tak akan ada percekcokan pemahaman dalam menyikapi kehidupan ini.

Kita, manusia Indonesia yang hidup di zaman ini; modern, tidak bisa menghapus salah satu dari dua kutub tersebut. Sebab apabila kita sok idealis; mengutamakan salah satunya dan menghapus satunya lagi, maka yang kita hadapi adalah kita akan kehilangan identiasnya. Lokalitas tentu identitas kita, budaya kita dan jiwa kita, sedangkan modernitas adalah zaman di mana kita hidup sebagai manusia yang berpengetahuan dan kita tak bisa keluar dari tuntutan zaman ini. maka untuk menemukan identitas kita di tengah arus zaman, kita harus menyatukan dua kutub tersebut sebagai ideologi kreatifitas kita.

Membaca puisi-puisi Latief S. Nugraha dalam antologi puisinya Menoreh Rumah Terpendam ini, sangat jelas bagaimana Latief begitu ingin menggabungkan aroma lokaliats dan modernitas dalam puisi-puisinya. Misalnya seperti puisi “Bukit Menoreh IIbukit ini/ rumah masa kecil dan segenap kenangan rahasia/ kekal abadi dalam lindap ingatan sisa usia// bukit ini/ cerau deras hujan melepas kemarau yang pasi/ lantas kata-kata tumbuh berbuah ruah puisi// bukit ini/ kicau burung, dengung lebah, sepasang cinta/ di antara rimbun pohonan dan mekar bunga-bunga// bukit ini/ malam sunyi, heneng hening henung henang/ angin pagi, dingin embun bening berlinang// bukit ini/ bukti keberadaan kakang marmati, kakang kawah, adhi rah, adhi ari-ari/ ditanam dikedalaman tanah jawa setiap hari (hlm: 20).

Sedangkan di puisi yang lain Latief menulis “Menonton Separuh Wanita” kita tengah berada di tahun-tahun yang jelas(sekaligus bias)/ ketika mulus paha para wanita/ ranum buah dada gadis remaja nyembul telanjang/ membahagiakan lelaki mata keranjang/ yang benak binalnya ingin segera ke ranjang// para wanita membuat pria yang terluka/ menjadi tubuh perkasa berkilat keringat/ kekar berotot bagi cermin dan wajah-wajah rupawan// seterusnya, di dalam terang warna-warni televisi/ dunia maya dan majalah pria dewasa/ tubuh-tubuh sintal dipamerjajakan/ dikirim ke pasar-pasar/ kaku dalam poster serta komputer di kamar-kamar// sungguh menarik, sungguh menggoda/ meski, mata bundar, wajah bundar, dada bundar, bokong bundar, semua akan pudar// saat itu/ aku benar-benar malu/ lalu teringat ibu (hlm: 06).

Di dalam puisi “Bukit Manoreh II” jelas sekali Latief mengangkat tema yang bernuansa lokalitas, di mana di bukit itu pohon-pohon tumbuh dan bunga-bunga mekar serta burung-burung yang berkicau, menandakan bahwa di tanah kelahirannya itu masih sangat hijau, asri dan tentram. Namun di puisi kedua “Menonton Separuh Wanita” Latief seakan-akan mengatakan kalau dia hidup di zaman modern yang semakin hari semakin menjadi-jadi, di mana paha-paha wanita yang mulus di pamerkan, gadis-gadis remaja yang mulai memamerkan buah dadanya, tayangan-tayangan mesra di televisi, poster-poster sintal, semua ini adalah potret zaman modern di mana manusia bebas sebebas-bebasnya bergaya dan menjual dirinya.  

Barangkali Latief sepenuhnya sadar bahwa hidup di zaman ini adalah hidup di antara dua dunia yaitu modern dan masalalu. Sehingga mau tidak mau Latief tidak bisa lepas dari masalalunya dan kehidupan yang dia jalani sekarang. Hasta Indrayana dalam catatan pengantarnya mengatakan, kalau membaca puisi-puisi Latief dalam Menoreh Rumah Terpendam terdapat dua kutub, yang saya maksudkan di sini adalah Latief mencatat hal-hal dengan kaca mata positif dan negatif (hlm: xi). Positif dan negatif ini dalam pandangan saya “lokalitas dan modern”.  

Membaca antologi ini sebenarnya tidak hanya puisi Bukit Manoreh II dan Menonton Separuh Wanita, yang menggambarkan realitas lokal dan modern, tapi juga seperti judul: Puisi, Puncak Suralaya, Kematian Datang Di Hari Kelahiran, Di Atas Jembatan Progo, Di Stasiun Tugu, Gua Kiskenda, Jakarta, Samigaluh, Di Taman Budaya Yogyakarta, Jatilan, Di Ramai Pusat Pembelanjaan, Sungai Tinalah, Malioboro, Sela Gilang, Kota Rantau, Nglanggeran Dll.

Kentalnya budaya lokal yang dibangun dalam lirik-lirik puisi di dalam buku antologi ini sangat terasa, tapi tidak juga tertinggal mengenai aroma modernitas di dalamnya. Bagi saya, Latief sengaja mengaduk-aduk realitas modern dan lokal, mengkolaborasikan dua kutub tersebut, sekaligus dua preode kehidupan menusia ini. sehingga dalam buku yang kira-kira terdapat 125 puisi ini begitu lengkap menggambarkan dua kutub (modernitas dan lokalitas) dalam kesusastraan Indonesia kita. Dan di dalam antologi ini kita menemukan kekayaan ide, ke-kreatifan dan kecerdasan pengetahuan dari seorang penyair asal Yogyakarta  ini.




Nurul Anam, adalah Penggerak Lembaga Al-Kindy Institute. Tinggal di Jln, Cuwiri Krapyak, Yogyakarta.

0 komentar:

Posting Komentar

Mpu Sastra. Diberdayakan oleh Blogger.