Responsive Banner design
Home » » BEDAH SKRIPSI INSAN KAMIL

BEDAH SKRIPSI INSAN KAMIL



SKRIPSI INSAN KAMIL JURUSAN SOSIOLOGI AGAMA YANG BERJUDUL:
TERORISME DI INDONESIA DAN PENANGGULANGANNYA
Pada Skripsi yang di tulis Insan kamil yang berudul (Terorisme di Indonesia dan Penanggulangannya: Kajian atas kebijakan politik pemerintah RI) saya mencoba untuk membedah bagaimana insan kamil melakukan penelitian dalam skripsinya ini. Hal ini sangat menarik memang ketika harus meneliti sebuah skripsi, sedangkan saya sendiri masih berada di semester VI. Tapi tidak apa-apa hal ini akan menjadi pelajaran yang sangat berarti bagi saya esok.
Dalam hal ini insan kamil menggunakan penelitian kepustakaan, yang sumber datanya di peroleh melalui buku-buku yang membahas tentang terorisme dan dari media cetak. Sedangkan metode penelitiannya yang di pakai ada 4 bagian:

1.      Jenis penelitian
(Jenis penelitiannya adalah penelitian pustaka)
2.      Sifat penelitian
(sifatnya deskriptik analitik )
3.      Teknik pengumpulan data
(dokumentasi, wawancara dengan pakar atau tokoh yang paham dengan terorisme dan diskusi)
4.      Analisa data

Setelah metode penelitian rasanya kurang sempurna sebuah skripsi jika tidak di barengi dengan yang namanya sistematika penelitian. Sebab jika tidak ada sistematika penelitian dalam sebuah skripsi maka hal itu tidak bisa di katakana sebuah skripsi yang baik dan benar. Karena di dalam sistematika penelitian bertujuan untuk memperoleh hasil yang ilmiah, sistematis dan analitis. Di dalam sitematika penelitian ada beberapa bab dan tiap bab terdiri dari sub-sub bab.
Bab 1, pendahuluan, dalam bab ini ada beberapa bagian: pertama latar belakang masalah. Kedua rumusan masalah. Ketiga tujuan dan kegunaan penelitian. Keempat tinjauan pustaka. Kelima mengurai kerangka teori yang mendasari penelitian. Keenam memilih metode penelitian.
Bab II, menguraikan tentang sejarah dan definisi tentang apa yang telah di teliti. Misalnya kalau dalam skripsi insan kamil ini tentang terorisme jadi di bab II ini harus di terangkan sejarah terorisme dan apa definisi dari terorisme, juga apa mutif-mutif dan tujuan dari terorisme itu sendiri.
Bab III, di bab ini harus menjelaskan situasi sebelum terorisme itu muncul misalnya situasi politik sebelum terorisme itu ada sebab terorisme biasanya memanfaatkan situasi negera yang lagi genting
Bab IV, di dalam bab ini berisi analisa dai penulis tentang apa yang dia teliti kalau masalah terorisme ya bagaimana analisa pnulis tentang terorisme di Indonesia serta kebijakan Negara tentang terorisme itu sendiri.
Bab V, adalah puncak dari segala bab yang ada yaitu penutup, dalam bab terahir ini penulis harus menyimpulkan dari apa yag dia teliti di dalam pembuatan skripsinya, juga menjawab pokok-pokok masalah dan yang terahir saran.

Di dalam skripsi yang lain yang di tulis oleh LISTI ANATILA yang berjudul “Proses pencapaian hidayah sebagai terapi kesehatan jiwa” studi atas pemikiran Al-ghazali dalam kitab Bidayah al Hidayah. Tujuan penelitiannya adalah:
1.      Mengetahui secara umum pandangan al Ghazali tentang jiwa yang sehat
2.      Mengetahui proses pncapaian hidayah sebagai terapi kesehatan jiwa dalam kitab Bidayah al Hidayah.
Hal ini berbada dengan yang di tulis oleh Insan kamil di atas dan ini menjadi sebuah kegelisahan tersendiri bagi saya setelah mempelajari dari berbagai macam skripsi dan ternyata metode penelitiannya berbeda-beda dan penulisannya juga berbeda. Dari sinilah semoga saya dapat pencerahan dari bapak dan teman-teman. Bagaimana penelitian yang baik dalam skripsi.  


0 komentar:

Posting Komentar

Mpu Sastra. Diberdayakan oleh Blogger.