Responsive Banner design
Home » » Mengambil Hikmah dari Setiap Masalah

Mengambil Hikmah dari Setiap Masalah




Judul               : Resolusiku
Penulis             : Edi Akhiles
Cetakan           : April, 2014
Penerbit           : DIVA Press
Tebal               : CXXVI+212 halaman
Peresensi         : Nurul Anam*

Setiap pergantian tahun atau pergantian umur (ulang tahun), semua orang mempunyai cara berbeda menyusun apa yang harus di perbaiki dari tahun kemaren. Hal ini telah menjadi koreksi tersendiri bagi setiap orang yang hidup di dunia ini. Dan setiap orang tentunya ingin menjadi lebih baik dari tahun kemaren. Maka dari itu setiap individu saban tahun membuat resolusi, janji, kometmen dan cita-cita. Tentu saja resolusi berisi masalah yang baik-baik.
Kita tahu bahwa setiap manusia tidak akan pernah lepas dari yang namanya masalah, masalah akan terus ada selagi manusia itu ada. Namun ada yang berbeda di sini cara mengatasinya, antara orang yang berilmu dan orang yang bodoh. Semua itu terletak pada cara bagaimana orang itu menghadapi masalah tersebut.
Lalu timbul pertanyaan di dalam otak kita, seberapa hebat kita di mata Allah Swt, sehingga tidak perlu lagi ada beban dalam berbagai persoalan hidup? Jawabannya, kita bukan apa-apa di hadapannya. Sebagai manusia mempunyai banyak kekurangan di sana-sini. Sehingga Allah mengariskan beberapa peristiwa yang kelak akan kita alami, dan mau tidak mau setiap manusia akan mengalaminya. Tapi dari masalah tersebut kita bisa mengambil hikmahnya, bukan malah meratapinya.
Dari berbagai masalah yang menimpa kehidupan kita itu, Edi Akhiles mencoba menawarkan solusi atau cara bagaimana seharusnya manusia menghadapi masalah tersebut. Lewat bukunya yang berjudul “RESOLUSI”. Penulis mempunyai inisiatif yang sangat mulya hingga melahirkan buku kecil ini. Yang mempunyai mamfaat yang besar dalam kehidupan. Kisah-kisah yang di tawarkan dalam buku ini berasal dari kisah-kisah terdahulu yang di ambil dari kitab-kitab salaf yang sangat masyhur seperti Multaqatul Hikayat, Al-bidayah Wan nihayah sampai Ushfuriyah
Di dalam buku ini sedikitnya ada 17 belas cerita penuh hikmah dengan berbagai latar, istimewa, unik, dan mengharukan. Tulisan di dalam buku ini di desain dengan sangat kekinian, gaul dan funk. Dan buku ini sangat cocok di baca oleh anak-anak muda dan orang dewasa. Apalagi bagi orang yang sedang punya masalah dalam kehidupannya, dijamin setelah membaca buku ini akan berkurang. Dan bahasa yang di gunakan juga bahasa yang anak-anak muda sekarang seperti Lo, Gue, End.
Namun dari segala bentuk cerita yang di sajikan, ada satu hal yang saya kira kurang menarik dalam buku ini, yaitu desain yang agak lebbay dan itu membuat saya agak terganggu membaca buku ini. Namun dari segala kekurangannya buku layak mendapat apresiasi, karena pesan yang di sampaikan sangat baik sekali khususnya bagi anak muda dan orang yang sedang punya masalah.
* Nurul Anam, Mahasiswa Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta          


0 komentar:

Posting Komentar

Mpu Sastra. Diberdayakan oleh Blogger.