Responsive Banner design
Home » » Solusi Wawancara Beasiswamu

Solusi Wawancara Beasiswamu



Judul buku   : Guide Book for Scholarship Hunter
Penulis          : Bernando J. Sujibto
Penerbit        : DIVA Press, Yogyakarta
Cetakan         : Maret 2014
Tebal              : xviii+ 230 Halaman
Peresensi       : Nurul Anam*)

Belajar ke luar negeri adalah cita-cita semua orang, terutama bagi kaum muda yang masih semangat-semangatnya belajar. Namun persoalan bagi kaum muda yang mempunyai cita-cita tinggi itu adalah persoalan klasik, yang sampai saat ini masih menjadi persoalan hangat di negeri ini (Indonesia) yaitu persoalan ekonomi. Banyak dari pemuda yang mempunyai cita-cita tinggi untuk belajar ke luar negeri akhirnya pupus gara-gara persoalan ekonomi tersebut.
Namun dewasa ini persoalan tersebut sudah bisa di atasi, dengan hadirnya berbagai macam beasiswa dari luar negeri. Tinggal bagaimana kaum muda yang mempunyai cita-cita belajar di luar negeri itu mempunyai bekal yang cukup untuk berangkat mengecup mimpi-mimpinya. Tentu yang pertama adalah kemampuan bahasa, bahasa yang saya maksud di sini adalah bahasa internasional yaitu bahasa ingris. Walau di Negara-negara seperti Jerman, Prancis dan Turki itu harus belajar bahasa asli sana, namun sebelum itu kita akan berhadapan dengan bahasa ingris terlebih dahulu.
Jika persiapan kita sudah matang dan kita sudah siap bertarung untuk mencapai cita-cita tersebut, ada satu hal yang sering membuat calon penerima beasiswa gagal mencapai apa yang mereka inginkan, padahal persoalan itu persoalan sepele dan itu gampang di atasi. Persoalan tersebut ada pada sesi wawancara, pada sesi inilah banyak para pelamar beasiswa gagal. “banyak orang dengan kecerdasan di atas rata-rata gagal mendapatkan beasiswa hanya karena tak lihai melewati sesi yang unpredictable dan penuh jebakan ini” (Bernando J. Sujibto: 2014).
Dari persoalan yang di alami para pelamar beasiswa tersebut “Bernando J. Sujibto” penerima beasiswa luar negeri (Turki) menulis cara-cara bagaimana menaklukkan sesi wawancara tersebut. Buku yang di beri judul Guide Book for Scholarship Hunter ini berisi pedoman-pedoman serta pengalaman wawancara yang membuat banyak orang lolos belajar ke luar negeri.   
Buku Guide Book for Scholarship Hunter ini tidak hanya cocok bagi para pemburu beasiswa luar negeri saja namun buku ini juga berguna bagi para pelamar kerja, yang hal itu juga di hadapkan pada sesi wawancara yang membuat kebanyakan orang nevous ketika berada dalam sesi tersebut. Maka dengan itu buku ini bisa membantu kita yang sedang berjuang untuk mendapatkan apa yang kita cita-citakan.
*) Peresensi adalah mahasiswa Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

0 komentar:

Posting Komentar

Mpu Sastra. Diberdayakan oleh Blogger.